01 July 2008


Iseng – Iseng berhadiah…..


Karena kesal dengan proses pengiriman attachment/file ke imel yang dituju memakan waktu yang lama, iseng-iseng saya menjahili aplikasi billing di warnet depan rumah. Setelah diamati, perhitungan billing explorer atau sewa komputer yang dipakai di warnet depan rumah saya berdasarkan jam yang ada pada komputer client, maka saya mencoba memundurkan jam yang ada di pojok bawah. Start menyewa komputer jam 20:41:20 dengan durasi sewa 00:50:44, saya coba memundurkan waktu 5 menit, dan hasilnya, durasi pemakaian berubah menjadi 00:45:44 :) lumayan, hemat 5 menit. Heheeheh... Tapi nggak ding... saya tidak tega mencurangi billingnya, saya kembalikan lagi durasinya seperti semula. :) Daripada dosa :D

Aplikasi Billing ini rupanya "menyerahkan" sepenuhnya perhitungan durasi sewa komputer kepada waktu yang tertera di pojok bawah desktop, bukan jam yang ada di operator, sehingga "kebocoran" aplikasi ini bisa disalahgunakan. Solusinya? hmmm... mungkin aplikasi billing nya bisa diperbaiki dengan cara, pada saat login user, otomatis perhitungan waktu mengambil "referensi" waktu dari server atau komputer operator. Atau mungkin juga, setiap komputer client diberi "pengaman" agar user tidak bisa membuka atau memodifikasi "fasilitas-fasilitas penting" yang akhirnya membuat operator rugi.

Atau ada solusi lain?

No comments: