09 November 2008


Gibraltar Firewall 2.6 merupakan Linux Firewall yang didistribusikan kepada kalangan luas, di mana system ini dibangun dengan dasar Debian. Versi terbaru dari Gibraltar 2.6 ini diluncurkan beberapa hari lalu oleh Rene Mayrhofer. Peluncuran produk versi terbaru ini telah menggunakan Linux kernel 2.4, namun untuk pengembangan versi Gibraltar berikutnya diharapkan telah menggunakan Kernel 2.6.

Berbeda dengan versi Gibraltar sebelumnya, edisi kali ini telah mengalami cukup banyak perubahan terutama disisi traffic shaping performance dimana rule/peraturan dari Ip Table telah diset ulang dan traffic class telah mengalami pendefinisian ulang serta versi ini memperbolehkan kita untuk melakukan instalasi plugin dari SSL Explore

Terdapat pula dukungan beberapa layanan dalam versi terbaru ini antara lain Snort versi 2.7.0, NIPS (Network Instrusion Prevention System) dan NIDS (Network Instrusion Detection System). Gibraltar versi terbaru ini mendapat dukungan integrasi secara penuh dari Puresight Enterprice Edition for User-Based Authorization and Reporting. Terdapat pula interface berupa web di mana layanan tersebut diciptakan untuk melakukan konfigurasi Snort sebagai IDS. Terdapat pula penambahan paket spamassassin module for language classification dan paket tersebut dapat dikonfigurasikan melalui interface web.

Saat kita memulai untuk menggunakan Gibraltar 2.6 maka, terdapat layanan WLAN access point secara penuh yang mana fungsionalitas ini telah ditambahkan didalam versi terbaru ini,sehingga pada edisi ke-4 dari peluncurannya maka diharapkan produk terbaru Gibraltar ini telah mendukung secara penuh dari layanan 802.1x. Saat ini Gibraltar telah mendukung Atheros-based card dimana layanan tersebut dapat dikonfigurasikan melalui interface web. Selain itu, madwifi-tool telah terinstal didalamnya dan module kernel dari versi 2.6 ini telah diupdate/diperbaharui dengan vesi 0.9.4

Terdapat pula penambahan berupa tool untuk melakukan scanning terhadap virus untuk HTTP, FTP dan Protokol POP3, dan tool tersebut dapat bekerja sekalipun tanpa menggunakan harddisk. Hal ini dapat terjadi karena telah dilakukan beberapa modifikasi pada bagian config file dan pengembangan dalam melakukan management pada bagian temporary /var pada storage area. Gibraltar Firewall diciptakan untuk memverifikasi dan melindungin traffic pada jaringan, di mana produk ini juga melindungi jaringan internal dari serangan penyusup atau hacker.

Sekilas mengenai Gibraltar :
Dr. Rene Mayrhofer membangun aplikasi Gibraltar pada tahun 1999 sebagai salah satu project pengembangan yang bersifat Open Source. Sejak tahun 2003, Gibraltar dikembangkan oleh eSYS Information System GmbH dan juga Dr. Mayrhofer di Austria.

No comments: